Menguasai Dunia Bilangan Bulat: Contoh Soal dan Pembahasan Lengkap untuk SMP Kelas 7 Semester 1

Selamat datang di dunia bilangan bulat! Di kelas 7 semester 1, Anda akan mendalami konsep-konsep dasar yang sangat penting dalam matematika. Bilangan bulat, yang mencakup bilangan positif, nol, dan bilangan negatif, menjadi fondasi untuk memahami berbagai topik matematika yang lebih kompleks di jenjang selanjutnya.

Artikel ini akan membawa Anda menjelajahi berbagai jenis soal matematika kelas 7 semester 1 yang berkaitan dengan bilangan bulat. Kita akan membahas mulai dari operasi dasar seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian, hingga pemahaman tentang sifat-sifat bilangan bulat dan penerapannya dalam soal cerita. Bersiaplah untuk mengasah logika dan kemampuan berhitung Anda!

Apa Itu Bilangan Bulat?

Sebelum kita melangkah ke contoh soal, mari kita segarkan kembali ingatan kita tentang apa itu bilangan bulat. Bilangan bulat adalah himpunan bilangan yang terdiri dari:

  • Bilangan Cacah: 0, 1, 2, 3, …
  • Bilangan Asli: 1, 2, 3, 4, …
  • Bilangan Negatif: -1, -2, -3, -4, …

Jadi, himpunan bilangan bulat dilambangkan dengan $mathbbZ$ dan dapat ditulis sebagai:
$mathbbZ = …, -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3, …$

Garis Bilangan: Konsep garis bilangan sangat membantu dalam memvisualisasikan operasi pada bilangan bulat. Bilangan positif berada di sebelah kanan nol, sedangkan bilangan negatif berada di sebelah kiri nol. Bergerak ke kanan menunjukkan penambahan, dan bergerak ke kiri menunjukkan pengurangan.

Operasi Dasar pada Bilangan Bulat

Mari kita mulai dengan operasi-operasi dasar yang sering muncul dalam soal.

1. Penjumlahan Bilangan Bulat

  • Bilangan Positif + Bilangan Positif: Hasilnya adalah bilangan positif.
    Contoh: $5 + 3 = 8$
  • Bilangan Negatif + Bilangan Negatif: Hasilnya adalah bilangan negatif. Kita cukup menjumlahkan nilai absolutnya lalu menambahkan tanda negatif.
    Contoh: $(-4) + (-6) = -(4+6) = -10$
  • Bilangan Positif + Bilangan Negatif (atau sebaliknya):
    • Jika nilai absolut bilangan positif lebih besar, hasilnya positif.
      Contoh: $7 + (-3) = 7 – 3 = 4$
    • Jika nilai absolut bilangan negatif lebih besar, hasilnya negatif.
      Contoh: $5 + (-9) = 5 – 9 = -4$
    • Jika nilai absolutnya sama, hasilnya nol.
      Contoh: $-8 + 8 = 0$

2. Pengurangan Bilangan Bulat

Pengurangan bilangan bulat pada dasarnya adalah penjumlahan dengan lawan dari bilangan pengurang.
$a – b = a + (-b)$

  • Bilangan Positif – Bilangan Positif:
    • Jika bilangan pertama lebih besar, hasilnya positif.
      Contoh: $10 – 4 = 6$
    • Jika bilangan kedua lebih besar, hasilnya negatif.
      Contoh: $3 – 8 = 3 + (-8) = -5$
  • Bilangan Negatif – Bilangan Positif: Ini sama dengan menjumlahkan dua bilangan negatif.
    Contoh: $(-5) – 2 = (-5) + (-2) = -7$
  • Bilangan Positif – Bilangan Negatif: Mengurangi bilangan negatif sama dengan menambah bilangan positif.
    Contoh: $6 – (-3) = 6 + 3 = 9$
  • Bilangan Negatif – Bilangan Negatif:
    • Jika nilai absolut bilangan pertama lebih besar, hasilnya negatif.
      Contoh: $(-8) – (-2) = (-8) + 2 = -6$
    • Jika nilai absolut bilangan kedua lebih besar, hasilnya positif.
      Contoh: $(-3) – (-7) = (-3) + 7 = 4$

3. Perkalian Bilangan Bulat

Aturan tanda dalam perkalian bilangan bulat sangat penting:

  • Positif x Positif = Positif
  • Negatif x Negatif = Positif
  • Positif x Negatif = Negatif
  • Negatif x Positif = Negatif

Contoh:

  • $6 times 4 = 24$
  • $(-5) times (-3) = 15$
  • $7 times (-2) = -14$
  • $(-9) times 3 = -27$
  • Perkalian dengan nol selalu menghasilkan nol: $12 times 0 = 0$, $(-8) times 0 = 0$.

4. Pembagian Bilangan Bulat

Aturan tanda dalam pembagian bilangan bulat sama dengan perkalian:

  • Positif : Positif = Positif
  • Negatif : Negatif = Positif
  • Positif : Negatif = Negatif
  • Negatif : Positif = Negatif

Contoh:

  • $20 div 5 = 4$
  • $(-36) div (-6) = 6$
  • $45 div (-9) = -5$
  • $(-56) div 7 = -8$
  • Pembagian dengan nol tidak terdefinisi.

Sifat-sifat Operasi pada Bilangan Bulat

Memahami sifat-sifat ini akan mempermudah penyelesaian soal yang lebih kompleks.

  • Sifat Komutatif (Pertukaran):
    • Penjumlahan: $a + b = b + a$ (Contoh: $5 + (-3) = (-3) + 5 = 2$)
    • Perkalian: $a times b = b times a$ (Contoh: $4 times (-6) = (-6) times 4 = -24$)
  • Sifat Asosiatif (Pengelompokan):
    • Penjumlahan: $(a + b) + c = a + (b + c)$ (Contoh: $(2 + (-5)) + 3 = 2 + ((-5) + 3) = -0$)
    • Perkalian: $(a times b) times c = a times (b times c)$ (Contoh: $(2 times (-3)) times 4 = 2 times ((-3) times 4) = -24$)
  • Sifat Distributif (Penyebaran):
    • Perkalian terhadap penjumlahan: $a times (b + c) = (a times b) + (a times c)$ (Contoh: $3 times (4 + (-2)) = (3 times 4) + (3 times (-2)) = 12 + (-6) = 6$)
    • Perkalian terhadap pengurangan: $a times (b – c) = (a times b) – (a times c)$ (Contoh: $5 times (7 – 2) = (5 times 7) – (5 times 2) = 35 – 10 = 25$)

Contoh Soal dan Pembahasan

Sekarang, mari kita aplikasikan pemahaman kita ke dalam berbagai contoh soal yang mungkin Anda temui di kelas 7 semester 1.

Tipe 1: Operasi Hitung Campuran Tanpa Tanda Kurung

Dalam operasi hitung campuran, urutan pengerjaannya adalah:

  1. Perkalian dan Pembagian (dari kiri ke kanan)
  2. Penjumlahan dan Pengurangan (dari kiri ke kanan)

Soal 1: Hitunglah hasil dari $15 – 8 times 2 + 6 div 3$.

Pembahasan:
Pertama, kita kerjakan perkalian dan pembagian:

  • $8 times 2 = 16$
  • $6 div 3 = 2$

Sehingga, soal menjadi: $15 – 16 + 2$.
Selanjutnya, kita kerjakan penjumlahan dan pengurangan dari kiri ke kanan:

  • $15 – 16 = -1$
  • $-1 + 2 = 1$

Jadi, hasil dari $15 – 8 times 2 + 6 div 3$ adalah $boxed1$.

Soal 2: Hitunglah hasil dari $(-10) + 4 times (-3) – 12 div (-4)$.

Pembahasan:
Kerjakan perkalian dan pembagian terlebih dahulu:

  • $4 times (-3) = -12$
  • $12 div (-4) = -3$

Soal menjadi: $(-10) + (-12) – (-3)$.
Sekarang, ubah bentuk pengurangan dengan bilangan negatif menjadi penjumlahan:
$(-10) + (-12) + 3$.
Kerjakan penjumlahan dari kiri ke kanan:

  • $(-10) + (-12) = -22$
  • $-22 + 3 = -19$

Jadi, hasil dari $(-10) + 4 times (-3) – 12 div (-4)$ adalah $boxed-19$.

Tipe 2: Operasi Hitung Campuran dengan Tanda Kurung

Jika terdapat tanda kurung, operasi di dalam tanda kurung harus dikerjakan terlebih dahulu.

Soal 3: Hitunglah hasil dari $20 + (5 – 8) times 3$.

Pembahasan:
Kerjakan operasi di dalam tanda kurung terlebih dahulu:

  • $5 – 8 = -3$

Soal menjadi: $20 + (-3) times 3$.
Selanjutnya, kerjakan perkalian:

  • $(-3) times 3 = -9$

Soal menjadi: $20 + (-9)$.
Terakhir, kerjakan penjumlahan:

  • $20 + (-9) = 20 – 9 = 11$

Jadi, hasil dari $20 + (5 – 8) times 3$ adalah $boxed11$.

Soal 4: Hitunglah hasil dari $30 div (10 – (-5)) – 2$.

Pembahasan:
Kerjakan operasi di dalam tanda kurung:

  • $10 – (-5) = 10 + 5 = 15$

Soal menjadi: $30 div 15 – 2$.
Selanjutnya, kerjakan pembagian:

  • $30 div 15 = 2$

Soal menjadi: $2 – 2$.
Terakhir, kerjakan pengurangan:

  • $2 – 2 = 0$

Jadi, hasil dari $30 div (10 – (-5)) – 2$ adalah $boxed0$.

Tipe 3: Soal Cerita yang Melibatkan Bilangan Bulat

Soal cerita menguji kemampuan Anda dalam menerjemahkan situasi ke dalam bentuk operasi matematika.

Soal 5: Suhu di kota A pada pagi hari adalah $-5^circ$C. Pada siang hari, suhu naik $12^circ$C. Kemudian, pada malam hari, suhu turun $8^circ$C. Berapakah suhu kota A pada malam hari?

Pembahasan:

  • Suhu awal: $-5^circ$C
  • Suhu naik $12^circ$C: berarti ditambah $12$.
  • Suhu turun $8^circ$C: berarti dikurangi $8$.

Operasi matematikanya adalah: $-5 + 12 – 8$.
Mari kita hitung langkah demi langkah:

  • $-5 + 12 = 7$
  • $7 – 8 = -1$

Jadi, suhu kota A pada malam hari adalah $boxed-1^circ$C.

Soal 6: Seorang penyelam berada pada kedalaman 25 meter di bawah permukaan laut. Ia kemudian naik sejauh 10 meter, lalu turun lagi sejauh 15 meter. Berapakah posisi akhir penyelam tersebut dari permukaan laut?

Pembahasan:

  • Posisi awal (di bawah permukaan laut diartikan negatif): $-25$ meter.
  • Naik sejauh 10 meter: berarti ditambah $10$.
  • Turun lagi sejauh 15 meter: berarti dikurangi $15$.

Operasi matematikanya adalah: $-25 + 10 – 15$.
Mari kita hitung:

  • $-25 + 10 = -15$
  • $-15 – 15 = -30$

Jadi, posisi akhir penyelam tersebut adalah $boxed-30$ meter dari permukaan laut (atau 30 meter di bawah permukaan laut).

Tipe 4: Soal yang Melibatkan Sifat-sifat Bilangan Bulat

Soal 7: Tentukan nilai dari $a$ jika diketahui $a + (-15) = -7$.

Pembahasan:
Kita perlu mencari nilai $a$ yang jika ditambah $-15$ menghasilkan $-7$. Ini adalah persamaan linear sederhana.
Untuk mencari $a$, kita bisa memindahkan $-15$ ke sisi kanan dengan mengubah tandanya menjadi positif:
$a = -7 – (-15)$
$a = -7 + 15$
$a = 8$

Jadi, nilai $a$ adalah $boxed8$.

Soal 8: Dengan menggunakan sifat distributif, hitunglah hasil dari $12 times (5 – 3)$.

Pembahasan:
Sifat distributif perkalian terhadap pengurangan adalah $a times (b – c) = (a times b) – (a times c)$.
Dalam soal ini, $a = 12$, $b = 5$, dan $c = 3$.
Maka, $12 times (5 – 3) = (12 times 5) – (12 times 3)$.
Hitung masing-masing perkalian:

  • $12 times 5 = 60$
  • $12 times 3 = 36$

Sekarang kurangkan hasilnya:
$60 – 36 = 24$.

Jadi, hasil dari $12 times (5 – 3)$ menggunakan sifat distributif adalah $boxed24$. (Kita juga bisa mengeceknya langsung: $12 times (5-3) = 12 times 2 = 24$).

Tipe 5: Soal dengan Potensi Kesalahan Umum

Soal 9: Mana yang lebih besar, $-20$ atau $-15$?

Pembahasan:
Ingat kembali garis bilangan. Semakin ke kanan posisi bilangan pada garis bilangan, semakin besar nilainya.
Jika kita gambarkan $-20$ dan $-15$ pada garis bilangan, $-15$ berada di sebelah kanan dari $-20$.
Oleh karena itu, $-15$ lebih besar dari $-20$.

Jadi, yang lebih besar adalah $boxed-15$.

Soal 10: Hitunglah hasil dari $-5 times (-4) – (-6)$.

Pembahasan:
Perhatikan tanda negatif yang berdekatan.

  • $-5 times (-4) = 20$ (negatif kali negatif hasilnya positif)
  • $- (-6) = +6$ (mengurangi bilangan negatif sama dengan menambah bilangan positif)

Soal menjadi: $20 + 6$.
Hasilnya adalah $boxed26$.

Tips Sukses Belajar Bilangan Bulat

  1. Pahami Konsep Garis Bilangan: Visualisasikan pergerakan pada garis bilangan untuk setiap operasi.
  2. Hafalkan Aturan Tanda: Aturan tanda pada perkalian dan pembagian sangat krusial.
  3. Perhatikan Urutan Operasi: Ingat BODMAS/PEMDAS (Kurung, Pangkat, Perkalian/Pembagian, Penjumlahan/Pengurangan).
  4. Latihan Soal Rutin: Semakin banyak Anda berlatih, semakin terbiasa Anda dengan pola soal dan semakin lancar berhitung.
  5. Jangan Takut Tanda Negatif: Anggap saja sebagai utang atau suhu dingin.
  6. Periksa Kembali Pekerjaan Anda: Setelah selesai mengerjakan soal, luangkan waktu untuk memeriksa kembali setiap langkah perhitungan Anda.

Penutup

Memahami bilangan bulat adalah langkah awal yang penting dalam perjalanan Anda di dunia matematika. Dengan menguasai konsep dan berlatih berbagai jenis soal seperti yang telah kita bahas, Anda akan siap menghadapi tantangan matematika selanjutnya. Teruslah berlatih, jangan ragu bertanya, dan nikmati proses belajar Anda! Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda meraih hasil terbaik di semester 1 ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *